Cari Blog Ini

Kamis, 04 Agustus 2011

ABSTRAK SKRIPSI

ABSTRAK
Hadi, Prasetyo Antonius. 2007. Pengembangan Media Video Belajar Teknik Dasar Bolavoli Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M. Kes (II) Drs. Agus Tomi.

Kata kunci: media video, bolavoli.

Bolavoli merupakan materi praktek pendidikan jasmani pada siswa SMP. Salah satu indikator dalam materi ini adalah, siswa mampu melakukan pasing, servis, smash, dan membendung/blocking. Untuk mencapai indikator tersebut secara maksimal, perlu disiapkan sumber belajar yang tepat pula. Salah satu sumber belajar yang penting dan tepat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pengajaran keterampilan teknik dasar bolavoli, adalah media pembelajaran. Media yang paling cocok dengan karakteristik pembelajaran keterampilan teknik dasar bolavoli adalah media video belajar keterampilan teknik dasar bolavoli.
Tujuan pengembangan yang ingin dicapai adalah 1) menyusun skrip video pembe-lajaran keterampilan teknik dasar bulutangkis, dan 2) mengembangkan video pembelajaran keterampilan teknik dasar bulutangkis. Spesifikasi produk yang diharapkan adalah media video pembelajaran keterampilan teknik dasar bulutangkis memuat seluruh materi teknik dasar dalam permainan bulutangkis. Sasaran pebelajar adalah pebelajar atau mahasiswa yang masih mempunyai keterampilan teknik tingkat dasar atau pebulutangkis pemula.
Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. yang bersifat deskriptif dengan mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan. Prosedur pengembangan meliputi 1) melakukan penelitian pendahuluan, 2) merencanakan pengembangan, 3) mengembangkan bentuk produk awal, 4) melakukan uji coba produk, 5) melakukan revisi produk, 6) mengkaji produk yang telah direvisi. Uji coba adalah uji coba perseorangan, berupa tinjauan para ahli, dan uji coba lapangan kepada subyek sasaran produk. Instrumen yang digunakan adalah format penilaian dan pengamatan menggunakan skala rating dan inventori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, deskriptif berupa persentase.
Hasil pengembangan ini adalah 1) skrip media video pembelajaran keterampilan teknik dasar bolavoli, dan 2) media video pembelajaran keterampilan teknik dasar bolavoli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar